Bukan Nila atau Lele, Ini 5 Ikan Endemik Indonesia Terpopuler

Meski nila dan lele menjadi salah satu ikan terpopuler di Indonesia, nyatanya mereka bukanlah ikan endemik Indonesia, namun dari perairan Afrika. Ikan endemik Indonesia dapat diartikan sebagai ikan yang berasal atau asli dari Indonesia.

Baca Juga :

Indonesia sendiri tercatat memiliki lebih dari 120 jenis ikan endemik yang hidup di suatu wilayah tertentu, seperti pulau kecil, danau, dan sungai. Berikut adalah daftar 5 ikan terpopuler yang berasal dari perairan di Indonesia.

1. Ikan Wader

Wader adalah ikan lokal asli Indonesia yang punya banyak jenis dan memang sudah terkenal dari dulu hingga sekarang. Ikan ini memiliki wilayah sebaran yang luas, mencakup pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Pada setiap daerah tersebut, nama yang disematkan kepada ikan ini berbeda-beda, seperti bunter atau benter (Bandung), ikan sepadak (Sumatra Selatan), putia (Padang), pujan (Kalimantan Selatan), dan wader cakul (Jawa Timur).

2. Ikan Baung

Ikan baung umumnya hidup di sungai-sungai besar dan perairan tawar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Mereka menyukai perairan dengan arus lambat dan dasar berlumpur. Ikan baung adalah salah satu ikan konsumsi yang populer di Indonesia. Dagingnya yang gurih sering dijadikan berbagai olahan makanan.

3. Ikan Tawes

Sekilas bentuknya mirip ikan wader, tetapi ukuran tubuh dan sisiknya lebih besar serta bentuknya lebih pipih. Perairan air tawar di Asia Tenggara dan Barat Indonesia (Kalimantan, Sumatra, dan Jawa) merupakan habitat asli ikan tawes.

Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi sebagai ikan konsumsi dan berpotensi sebagai sumber protein. Tawes bukan termasuk salah satu ikan endemik yang terancam, karena sudah banyak tempat yang sukses membudidayakan ikan ini.

Jangan biarkan ikan-ikan di kolam kepanasan, segera pasang paranet di atasnya! Anda butuh paranet atau jaring peneduh? Klik disini untuk cek harganya.

4. Ikan Belida

Ikan endemik Indonesia yang satu ini memiliki ciri khas yang unik, yakni bentuk tubuhnya menyerupai pisau. Ikan belida banyak ditemukan di sungai-sungai besar di Sumatra dan Kalimantan, seperti Sungai Musi, Sungai Barito, dan Sungai Kapuas.

Ikan ini menjadi primadona di pasar lokal, terutama di Sumatra. Namun, ancaman terhadap habitatnya membuat populasi ikan belida mengalami penurunan, sehingga upaya konservasi dan budidaya sangat diperlukan untuk melestarikan spesies ini.

5. Ikan Uceng

Ikan uceng adalah ikan asli perairan tawar di Indonesia, terutama di sungai-sungai di wilayah Jawa dan Bali. Ikan ini cukup digemari masyarakat pedesaan, karena rasanya nikmat, gurih, lezat dan kandungan nutrisinya tinggi.

Biasanya, ikan uceng digoreng hingga garing dan disajikan sebagai lauk atau camilan. Ikan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin A dan omega 3.

Referensi :

https://www.deheus.id/cari/berita-dan-artikel/ikan-endemik-indonesia-yang-dapat-dikonsumsi

Bukan Nila atau Lele, Ini 5 Ikan Endemik Indonesia Terpopuler Bukan Nila atau Lele, Ini 5 Ikan Endemik Indonesia Terpopuler Reviewed by Pak Tani on Oktober 12, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.