5 Jenis Melon yang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Melon adalah nama buah sekaligus nama tanaman yang menghasilkannya yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya dapat dimakan segar sebagai buah meja ataupun diiris-iris sebagai campuran es buah.

Baca Juga :

Bagian yang dapat dikonsumsi adalah daging buahnya. Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, rasanya cenderung manis tawar tergantung kultivarnya. Berikut beberapa jenis melon yang populer dan banyak dijual di Indonesia.

1. Melon Golden

Melon ini adalah hasil hibrida dari berbagai varietas melon. Bentuknya lonjong, kulit berwarna kuning keemasan, dan daging buahnya berwarna putih. Kulitnya seringkali memiliki sedikit jaring-jaring halus.

Rasa daging melon golden manis segar, teksturnya lembut, dan aromanya cukup harum. Melon ini mudah tumbuh di berbagai iklim, produktivitas tinggi, dan memiliki masa simpan yang cukup lama.

2. Melon Sky Rocket

Berbeda dengan melon golden, melon sky rocket merupakan hasil hibrida dari melon Jerman dan melon Taiwan, namun telah diadaptasi dengan baik di Indonesia.

Melon ini punya bentuk bulat cenderung oval, kulitnya berjaring rapat berwarna hijau tua, dan daging buahnya berwarna oranye cerah dengan rasa yang manis intens, teksturnya renyah, dan aromanya sangat khas.

Keunggulan melon sky rocket adalah rasa manisnya yang tinggi membuatnya sangat digemari, cocok untuk konsumsi segar maupun diolah menjadi jus atau smoothie.

3. Melon Honeydew

Honeydew adalah salah satu jenis melon yang cukup lama dan banyak dibudidayakan di berbagai negara. Kulitnya berwarna hijau keputihan, halus, dan tidak berjaring.

Daging buahnya berwarna kuning pucat, rasanya manis lembut, teksturnya sedikit berair, dan aromanya harum. Karena rasa yang begitu lembut, melon ini cocok untuk semua kalangan, terutama anak-anak.

Jika Anda ingin membudidayakan melon tanpa khawatir cuaca buruk, greenhouse bisa menjadi solusi terbaik! Untuk Anda yang ingin membuat greenhouse dan butuh plastik UV serta spring clip, silahkan klik disini.

4. Melon Jade Dew

Melon ini adalah hasil hibrida melon modern dengan kualitas buah yang sangat baik. Kulit buahnya semi berjaring, berwarna putih kehijauan, dan daging buahnya berwarna kuning susu.

Rasa melon jade dew manis segar dengan tekstur renyah dan memiliki keseimbangan rasa yang baik, antara manis dan sedikit asam. Melon ini adalah salah satu jenis yang tahan terhadap penyakit, produktivitas tinggi, dan memiliki masa simpan yang cukup lama.

5. Melon Lokal

Melon lokal berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan telah dibudidayakan secara turun-temurun. Bentuk, warna, dan ukuran buah melon lokal sangat bervariasi tergantung varietasnya.

Contohnya, melon kanari memiliki bentuk lonjong dengan kulit kuning cerah, sedangkan melon kirani bentuknya bulat dengan kulit hijau kekuningan. Rasa dan aroma bervariasi, namun umumnya memiliki rasa manis khas yang berbeda dengan melon hibrida.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Melon

5 Jenis Melon yang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu? 5 Jenis Melon yang Populer di Indonesia, Mana Favoritmu? Reviewed by Pak Tani on September 14, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.