Festival Calcotada, Pesta Bawang Panggang Unik dari Spanyol

Negara Spanyol tak hanya terkenal dengan adanya klub-klub sepakbola besar saja, banyak hal menarik di sana, mulai dari keindahan bangunan hingga budayanya. Salah satunya yakni Festival Calcotada, apa itu?

Baca Juga :

Festival Calcotada yang dalam bahasa Catalan berarti "pesta calcot", merupakan tradisi kuliner unik yang berasal dari kota Valls, Catalonia, Spanyol. Festival ini telah dirayakan selama berabad-abad dan merupakan bagian penting dari budaya lokal.

Kapan Festival Calcotada diadakan?

Festival ini biasanya diadakan pada minggu terakhir di bulan Januari atau awal Februari. Namun, terkadang juga diselenggarakan di bulan Maret atau tergantung kapan waktu panen bawang calcot tiba.

Pada festival ini, bawang calcot akan dipanggang di atas api terbuka oleh warga setempat yang mengenakan kostum tradisional petani Catalan. Mereka juga membuat saus romesco (saus khas Spanyol) sebagai pelengkap makan bawang calcot.

Untuk acara utamanya yakni kompetisi makan calcot dalam waktu kurang lebih 45-60 menit. Para kontestan akan diberikan setumpuk calcot, dan siapa yang mampu memakannya paling banyak adalah pemenangnya. Sebelum itu, peserta wajib memakai celemek makan agar tidak belepotan.

Selain bawang calcot, dalam Festival Calcotada biasanya juga menyajikan daging panggang khas Catalan, anggur merah, dan hidangan penutup berupa Crema Catalana, sejenis puding dengan lapisan gula karamel.

Asal mula Festival Calcotada

Sejarah menceritakan bahwa festival ini bermula pada abad ke-19. Dahulu, seorang petani bernama Xat de Benaiges secara tidak sengaja membakar bawang calcot hingga gosong saat memanggangnya.

Alih-alih membuangnya, dia justru mencoba memakannya dan menemukan rasa yang unik dan lezat, sehingga memulai tradisi makan bawang calcot. Bawang calcot sendiri berbeda dengan bawang pada umumnya.

Musim hujan tak perlu khawatir tanaman rusak, karena ada Paranet! Butuh paranet? Yuk cek harganya disini sekarang.

Mengenal bawang calcot

Calcot adalah sejenis bawang putih asal Catalan yang dibudidayakan secara khusus sampai umbinya tumbuh memanjang sekitar 25 cm. Calcot mempunyai ukuran lebih besar dibanding bawang biasa dan mempunyai rasa lebih lezat jika dimasak.

Festival Calcotada merupakan perayaan unik dan menarik yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Festival ini bukan hanya sekedar makan besar dan bersenang-senang. Festival ini juga menjadi cara untuk melestarikan tradisi lokal dan mempromosikan produk khas Catalonia.

Calcot sendiri adalah produk unggulan kota Valls dan festival ini mampu membantu meningkatkan ekonomi lokal dan menarik para wisatawan. Bagaimana, kamu tertarik mengikuti festival ini?

Referensi :

https://www.idntimes.com/travel/destination/lya-munawaroh-1/mengenal-festival-calcotada-c1c2?page=all

Festival Calcotada, Pesta Bawang Panggang Unik dari Spanyol Festival Calcotada, Pesta Bawang Panggang Unik dari Spanyol Reviewed by Pak Tani on Juli 06, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.