Kenapa Air Mata Bisa Keluar Saat Kita Mengiris Bawang?

Mengiris bawang adalah aktivitas yang sering dilakukan ketika memasak. Bawang sendiri merupakan tanaman dari genus Allium. Beberapa jenis bawang yang banyak digunakan untuk memasak yakni bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai.

Uniknya, ketika sedang memotong umbi bawang merah atau bawang putih menjadi beberapa irisan, mata kita terasa pedih dan air mata pun keluar membasahi sekitaran area wajah. Kejadian ini tentu membuat siapapun menjadi penasaran.

Baca Juga :

Beberapa orang mungkin tidak begitu merasakan rasa pedihnya, namun malah merasa terganggu akibat terjadinya refleks lakrimasi sebab air mata keluar secara berlebihan dan membuat tak nyaman ketika memasak.

Penyebab air mata keluar saat mengiris bawang

Air mata yang keluar ketika mengiris bawang disebabkan oleh senyawa iritan yang terkandung di dalamnya, yaitu syn-propanethial-S-oxide. Senyawa ini paling banyak ditemukan pada bawang merah, tak heran saat mengirisnya, air mata yang keluar dari mata cukup banyak.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Ketika memotong bawang, Anda akan merusak sel-selnya. Enzim bernama alliinase pun dilepaskan dari sel-sel yang rusak dan bereaksi dengan asam amino sistein untuk menghasilkan syn-propanethial-S-oxide. Syn-propanethial-S-oxide menguap ke udara dan mencapai mata Anda. Senyawa ini akan mengiritasi kornea mata Anda dan memicu respons alami tubuh untuk menghasilkan air mata.

Tips mencegah air mata keluar saat mengiris bawang

Berikut tips praktis mencegah air mata keluar saat mengiris bawang. Selama mengiris bawang, pastikan tangan tak menyentuh area mata, sebab hal itu dapat membuat mata makin pedih dan air mata yang keluar bertambah banyak.

  • Dinginkan bawang : Simpan bawang di kulkas atau rendam dalam air dingin sebelum memotongnya.
  • Potong bawang di bawah air : Air akan membantu menangkap uap iritan.
  • Gunakan pisau tajam : Pisau tajam menghasilkan potongan yang lebih halus, meminimalkan pelepasan syn-propanethial-S-oxide.
  • Ventilasi ruangan : Buka jendela atau nyalakan kipas angin.
  • Pakai kacamata pelindung : Melindungi mata dari uap iritan.
  • Potong bawang di dekat api : Api dapat membantu menguapkan senyawa iritan.
  • Tambahkan air cuka atau lemon : Asam dalam cuka atau lemon dapat membantu menetralkan senyawa iritan.
  • Kunyah permen karet : Membantu meningkatkan aliran air liur yang dapat melumasi mata dan mengurangi iritasi.

Tahukah anda, apa itu waring sayur? Waring sayur adalah sak jaring pengepakan hasil panen pertanian, seperti kubis, cabai, bawang, tomat, dll. Jika Anda membutuhkan waring sayur, silahkan klik disini.

Apakah hal ini berbahaya?

Umumnya, air mata yang keluar ketika mengiris bawang tidaklah berbahaya dan merupakan mekanisme alami tubuh. Fungsi air mata yang keluar adalah membantu membilas syn-propanethial-S-oxide dari mata Anda dan melindungi mata dari iritasi.

Referensi :

https://www.merdeka.com/gaya/mengapa-air-mata-bisa-keluar-ketika-sedang-mengiris-bawang-894-mvk.html

https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/04/190000265/kenapa-air-mata-keluar-saat-mengiris-bawang-begini-penjelasannya?page=all

Kenapa Air Mata Bisa Keluar Saat Kita Mengiris Bawang? Kenapa Air Mata Bisa Keluar Saat Kita Mengiris Bawang? Reviewed by Pak Tani on Juli 13, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.