7 Fakta Unik Burung Puyuh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Puyuh adalah nama untuk beberapa jenis burung dalam Superfamili Phasianoidea. Burung puyuh merupakan unggas daratan yang kecil namun gemuk. Di alam liar, burung puyuh membuat sarang di tanah, biasanya di bawah rerumputan atau tanaman lain.

Baca Juga :

Sarangnya sederhana, terbuat dari rumput dan daun, dan biasanya tidak ditinggikan dari tanah. Meskipun kecil, burung puyuh mempunyai banyak keunikan yang menarik untuk dibahas. Berikut 7 fakta unik tentang burung puyuh yang jarang orang ketahui.

1. Punya Banyak Spesies

Ada sekitar 200 spesies burung puyuh di dunia, dengan berbagai macam warna dan ukuran. Beberapa spesies puyuh memiliki bulu yang berwarna cerah dan mencolok, sementara yang lain memiliki bulu yang lebih kusam untuk kamuflase.

2. Gemar Bermigrasi

Burung puyuh mempunyai salah satu kebiasaan yang menarik, yaitu rutin melakukan migrasi tiap waktunya. Bahkan di beberapa spesies, seperti puyuh Jepang, mereka bermigrasi hingga 10.000 kilometer setiap tahun, melintasi lautan serta gunung.

3. Mampu Terbang Cepat

Meski mempunyai tubuh gemuk dan gemar berjalan, burung puyuh bisa terbang. Burung puyuh mempunyai sayap yang pendek dan kuat, memungkinkan mereka untuk terbang dengan cepat dan gesit. Mereka mampu terbang ke atas dengan kekuatan besar, bahkan dari tanah, dan seringkali melakukan penerbangan pendek guna menghindari predator.

4. Miliki Suara Unik

Burung puyuh jantan mempunyai suara kicauan yang unik dan rumit, yang digunakan untuk menarik sang betina seta mempertahankan wilayah mereka. Suara kicauan mereka seringkali terdengar seperti peluit ataupun ketukan.

Agar ternak tidak keluar area kandang dan tempat peternakan, segera pasang waring pagar di area peternakan Anda! Butuh waring untuk pagar? Klik disini.

5. Burung Pemakan Segala

Burung puyuh adalah burung pemakan segala atau omnivora, yang berarti mereka sering memakan berbagai macam makanan, termasuk serangga, biji-bijian, buah, serta invertebrata kecil.

6. Dagingnya Aman Dimakan

Mungkin selama ini, Anda hanya familiar dengan telur burung puyuh saja, padahal dagingnya juga bisa dikonsumsi. Daging burung puyuh aman dimakan dan punya rasa yang lezat, serta mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika kini banyak orang yang mulai mengonsumsi daging burung puyuh karena alasan tersebut.

7. Telurnya Punya Corak

Berbeda dengan telur ayam dan bebek, cangkang telur burung puyuh memiliki corak berwarna cokelat, hitam, dan biru. Corak tersebut muncul karena cangkang telur burung puyuh punya dua pigmen utama bernama ooporphyrin dan biliverdin. Corak ini memiliki fungsi penting untuk kamuflase dan perlindungan embrio.

7 Fakta Unik Burung Puyuh yang Mungkin Belum Anda Ketahui 7 Fakta Unik Burung Puyuh yang Mungkin Belum Anda Ketahui Reviewed by Pak Tani on Juni 29, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.